Panduan Exchange

Cara Menggunakan IQ Option Broker Untuk Trading Cryptocurrency

IQ Option broker adalah aplikasi yang paling banyak digunakan orang Indonesia untuk trading cryptocurrency. Aplikasi ini sangat populer karena mudah digunakan tetapi kaya dengan fitur-fitur yang trader perlukan.

Dibawah ini saya buat panduan cara trading mata uang crypto di IQ Option.

1. Unduh Aplikasi IQ Option

Silahkan menginstall aplikasi IQ Option di ponsel Anda, dengan cara klik disini

2. Mendaftar Langsung dari Aplikasi

Buka aplikasi lalu mendaftar dengan memasukkan email dan membuat kata sandi.

3. Perkenalan dengan Aplikasi menggunakan Akun demo.

Menggunakan IQ Option sama mudahnya dengan menggunakan Facebook atau Instagram.

Buka aplikasi IQ Option, disana lihat ada pilihan aset. Disitu cukup fokus pada aset Crypto, karena saat ini kita sedang belajar trading Crypto.

  1. Klik pada bagian kanan atas seperti yang ditunjuk nomor 1 diatas.
  2. Pilih Crypto
  3. Pilih crypto yang tersedia seperti Bitcoin, Ethereum dan lainnya. Kita bebas ingin trading yang mana. Pada contoh ini kita memilih Bitcoin

Selanjutnya

  1. Ketuk angka 1 seperti gambar diatas, anda bisa melihat semua informasi tentang aset tersebut termasuk spread, leverage dan lainnya. Disini juga dijelaskan tentang aset dan latar belakangnya.
  2. Angka 2 berfungsi untuk memilih indikator trading, tersedia ratusan indikator yang bisa anda terapkan kedalam grafik.
  3. Angka 3 berfungsi untuk memilih jenis grafik. Tersedia grafik lilin, garis dan lainnya.

4. Mulai latihan trading menggunakan Akun demo

Akun demo ini artinya akun latihan dimana kita diberikan saldo virtual $10000. Saldo ini tidak bisa ditarik karena hanya untuk simulasi saja. Anda bisa lihat saldo $10000 yang ditunjukkan pada tanda panah gambar dibawah.

  1. Masukkan jumlah dana yang akan di investasi-kan
  2. Pilih leverage atau peningkatan. Tersedia X3 X5 dan X10. Semakin tinggi yang anda pilih maka semakin cepat potensi kerugian dan keuntungan anda.
  3. Tekan tombol beli untuk membuka posisi.
  4. Ini adalah spread yaitu selisih antara harga jual dan harga beli. Kondisi ini berubah-ubah tergantung likuiditas di pasar. Jika anda menggunakan
  5. Angka 5 menunjukkan harga bitcoin saat ini. Harga anda beli akan lebih tinggi dibandingkan harga saat ini karena adanya spread.

5. Menutup posisi Trading

Pada langkah 4 diatas anda berhasil membeli bitcoin menggunakan leverage X5, selanjutnya adalah menutup posisi tersebut.

Dengan menutup posisi itu artinya kita menyelesaikan transaksi lalu keuntungan ataupun kerugian akan di hitung dan masukkan ke dalam saldo kita.

Pada gambar diatas, perhatikan kota merah yang di tunjuk angka 1, disana adalah menu untuk melihat posisi yang sedang terbuka.

  1. Menu untuk melihat posisi yang sedang terbuka
  2. Disini bisa kita lihhat BTC yang kita beli nilainya sekarang adalah $65 dan rugi $34.84
  3. Ini adalah detail harga pembelian dan harga saat ini. Perlu anda ketahui bahwa menggunakan leverage x5 maka saat membuka posisi kerugian kita juga langsung menjadi 5 kali lipat dari spread. Contohnya dalam membeli bitcoin ini, spreadnya adalah 7% artinya saat membuka posisi saya sudah rugi 7% karena harga jualnya adalah 7% lebih rendah dari harga beli. Karena saya juga menggunakan leverage maka saat membuka posisi saya langsung posisi rugi 35% hal ini karena spread 7% tanpa leverage setara dengan 35% jika menggunakan leveraga X5. (spread adalah selisih harga beli dengan harga jual)
  4. Tekan tombol tutup untuk menutup posisi.

6. Deposit uang nyata untuk transaksi real (nyata)

Dengan mendeposit uang nyata maka anda bisa menarik keuntungan dan modal anda kapan saja. Deposit bisa dilakukan melalui internet banking dan uang elektronik. 

 

Kesimpulan

IQ Option adalah broker yang sudah populer sebagai tempat trading saham, forex dan option. Tetapi untuk cryptocurrency mereka masih baru memunculkannya. Jadi masih sangat minim likuiditas yang berakibat pada tingginya spread. Dibandingkan exchange lain seperti Bitmex, maka spread IQ Option jauh lebih tinggi.

Jika anda ingin serius margin trading maka pilihan yang cocok adalah Bitmex Exchange. Baca disini: Cara menggunakan Exchange Bitmex

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button