Panduan Cara Berdagang Bitcoin di IQ Option

Berdagang bitcoin berbeda dengan membeli bitcoin biasa, dalam berdagang bitcoin kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Anda akan melihat sendiri bahwa berdagang Bitcoin jauh lebih menguntungkan, bahkan keuntungan di dapat dalam jangka pendek, bisa dalam hitungan hari atau bahkan jam.

Dalam tulisan ini saya bahas dua topik utama.

  1. Dasar-dasar Perdagangan Bitcoin
  2. Cara Berdagang Bitcoin di IQ Option

Bagian 1 – Dasar-dasar Perdagangan Bitcoin

Dalam strategi berdagang bitcoin yang saya bagikan ini, Anda akan saya kenalkan dengan yang namanya margin atau leverage.

Bagi Anda yang sudah mengenal margin atau leverage, bisa melewatkan bagian ini dan langsung ke bagian dua dibawah.

Secara singkat margin adalah pinjaman yang diberikan oleh lender

Simak Contoh di bawah Ini:

Saya memiliki modal Rp5.000.000 dan ingin membeli Bitcoin. Jika saat ini harga satu Bitcoin Rp100.000.000 maka dalam pembelian normal saya hanya mendapatkan 0.05 Bitcoin saja. Perhitungannya 5.000.000 dibagi 100.000.000 = 0.05

Tetapi dengan menggunakan “leverage x10” saya bisa membeli 0.5 Bitcoin, Perhitungannya adalah modal saya yang Rp5.000.000 dikalikan 10 oleh leverage, dengan begitu daya beli uang saya menjadi Rp50.000.000, dengan 50 juta maka bisa mendapatkan 0.5 Bitcoin.

Lalu Anda bertanya, dari mana pinjaman itu berasal?

Perdagangan margin bisa terlaksana karena adanya pasar pinjaman dari lender dan pelaku pasar (lender adalah pemberi pinjaman). Jadi pedagang mendapat keuntungan bisa membeli lebih besar dari modalnya sedangkan lender mendapatkan bunga dari pinjaman yang digunakan oleh pedagang.

Tanpa kita sadari, perdagangan margin sebenarnya sudah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti saat membeli rumah, membeli mobil dan sejenisnya.

Ambil contoh membeli rumah yang memiliki harga 100 juta rupiah. Sedangkan modal kita hanya 10 juta rupiah saja. Kita memutuskan meminjam dari bank 90 juta rupiah untuk membeli rumah tersebut.

Enam bulan kemudian ada orang yang ingin membeli rumah kita dengan harga 130 juta, saat kita menjual rumah tersebut maka kita mendapat keuntungan 30 juta. Sisa 90 juta kita kembalikan ke bank tentu beserta bunga yang ada. Dalam contoh ini kita mendapatkan keuntungan 30 juta dipotong bunga.

Hanya saja dalam perdagangan bitcoin semua proses otomatis, dan tidak menunggu waktu lama. Harga Bitcoin bisa naik dalam hitungan jam dan penjualan dilakukan dengan instan tanpa menunggu pembeli karena pembeli selalu tersedia di pasar. Berbeda dengan properti yang harga naik nya memerlukan waktu lama dan proses menjualnya juga ribet.

Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan apa itu margin. Saya harap dengan analogi di atas Anda bisa mengerti cara kerja margin ini.

Selanjutnya adalah cara berdagang bitcoin di iq otion.

Bagian 2 – Cara Berdagang Bitcoin Menggunakan Margin

1. Unduh Aplikasi IQ Option

Silakan memasang aplikasi IQ Option di ponsel Anda, caranya klik disini

2. Mendaftar Langsung dari Aplikasi

Buka aplikasi lalu mendaftar dengan memasukkan email dan membuat kata sandi. Jika Anda sudah memiliki Akun, silakan login menggunakan email Anda.

3. Perkenalan dengan Aplikasi dan menggunakan Akun demo.

Sebenarnya, menggunakan IQ Option sama mudahnya dengan menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Buka aplikasi IQ Option, di sana lihat ada pilihan aset. Anda akan menemukan Opsi, Forex, Saham dan lainnya. Abaikan semua itu, Anda cukup fokus pada aset Crypto saja, karena saat ini kita sedang belajar berdagang bitcoin. Lihat contoh pada gambar dibawah ini.

  1. Klik pada bagian kotak merah atas seperti yang ditunjuk nomor satu diatas
  2. Pilih crypto seperti nomor dua pada gambar diatas
  3. Pada bagian crypto akan muncul beberapa pilihan seperti Bitcoin, Ethereum dan lainnya. Silakan memilih Bitcoin yang ada x10

Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang Anda lakukan di atas sebelum-nya. Tidak perlu bingung, yang Anda lakukan sebelumnya tadi hanyalah memilih aset apa yang akan Anda perdagangkan. Dalam hal ini Anda memilih bitcoin.

Crypto adalah sebutan untuk mata uang digital seperti bitcoin. Bitcoin sendiri juga dilambangkan dengan BTC. Jadi jika platform lain anda melihat BTC maka itu sama dengan bitcoin.

Bitcoin x10

Seperti gambar diatas, dalam aplikasi iq option Anda akan melihat Bitcoin X10 dan Bitcoin X100. Lambang X10 dan X100 yang ada di belakang tersebut menandakan besaran margin yang disediakan.

Pilihan Leverage
Pilihan margin atau peningkatan

Perhatikan di bagian kiri ada tertera “Peningkatan“. Itu adalah pilihan margin leverage yang bisa kita gunakan. Saya sarankan Anda menggunakan leverage 10. Ini sebagai kontrol risiko, karena semakin tinggi leverage yang kita gunakan maka semakin besar risiko yang terlibat.

Selanjutnya

  1. Ketuk angka satu seperti gambar diatas, anda bisa melihat semua informasi tentang aset tersebut termasuk spread, leverage dan lainnya. Disini juga dijelaskan tentang aset dan latar belakangnya.
  2. ketuk angka dua berfungsi untuk memilih indikator trading, tersedia ratusan indikator yang bisa anda terapkan kedalam grafik. (Untuk sekarang Anda bisa mengabaikan ini)
  3. Angka tiga berfungsi untuk memilih jenis grafik. Tersedia grafik lilin, garis dan lainnya. (sebaiknya anda memilih grafik lilin)

4. Mulai latihan trading menggunakan Akun demo

Akun demo ini artinya akun latihan dimana kita diberikan saldo virtual $10.000. Saldo ini tidak bisa ditarik karena hanya untuk simulasi saja. Anda bisa lihat saldo $10.000 yang ditunjukkan pada tanda panah gambar diatas.

Selanjutnya cara berdagang Bitcoin di IQ Option, Perhatikan gambar di bawah ini.

  1. Masukkan jumlah dana yang akan di digunakan
  2. Pilih leverage atau peningkatan. Tersedia X3 X5 dan X10. Semakin tinggi yang anda pilih maka semakin cepat potensi keuntungan Anda.
  3. Tekan tombol beli untuk membuka posisi.
  4. Ini adalah spread yaitu selisih antara harga jual dan harga beli. Kondisi ini berubah-ubah tergantung likuiditas di pasar. Jika Anda menggunakan
  5. Angka lima menunjukkan harga bitcoin saat ini. Harga anda beli akan lebih tinggi dibandingkan harga saat ini karena adanya spread.

5. Menutup posisi Trading

Pada langkah ke-4 diatas anda berhasil membeli bitcoin menggunakan leverage X5, langkah diatas disebut dengan membuka posisi, artinya setelah membuka posisi kita sudah memiliki bitcoin. Jadi ketika harga bitcoin naik, kita akan mendapatkan keuntungan, dan ketika harga turun kira mengalami kerugian. Nilai tersebut akan terus bergerak naik turun sampai kita menjual kembali bitcoin yang kita beli tadi, setelah menjual bitcoin disitulah kita bisa mengikat berapa keuntungan yang kita dapat. Dalam berdagang margin, menjual kembali bitcoin yang kita beli disebut dengan menutup posisi.

Dengan menutup posisi itu artinya kita menyelesaikan transaksi lalu keuntungan ataupun kerugian akan di hitung dan masukkan ke dalam saldo kita.

Pada gambar diatas, perhatikan kota merah yang di tunjuk angka 1, disana adalah menu untuk melihat posisi yang sedang terbuka.

  1. Menu untuk melihat posisi yang sedang terbuka
  2. Disini bisa kita lihat BTC yang kita beli nilainya sekarang adalah $65 dan rugi $34.84
  3. Ini adalah detail harga pembelian dan harga saat ini.
  4. Tekan tombol tutup untuk menutup posisi.

6. Deposit uang nyata untuk transaksi real (nyata)

Dengan mendeposit uang nyata maka anda bisa menarik keuntungan dan modal anda kapan saja. Deposit bisa dilakukan melalui internet banking dan uang elektronik.

Pada panduan selanjutnya akan saya ajarkan bagaimana cara menentukan kapan harus membeli dan kapan harus menjual bitcoin.

Panduan selanjutnya:

Cara menentukan kapan waktu membeli dan kapan waktu menjual Bitcoin