Cara Menentukan Kapan Waktu Membeli dan Kapan Waktu Menjual Bitcoin

Pada tulisan sebelumnya saya jelaskan bagaimana caranya berdagang bitcoin menggunakan margin.

Saya harap Anda sudah mencobanya. Jika anda belum membaca tulisan yang saya kirim kemarin, silakan klik disini.

Jika Anda sudah membacanya, silakan melanjutkan ke panduan di bawah ini.

Pada panduan ini saya buat cara mendapatkan keuntungan, lebih tepatnya kapan kita harus membeli dan kapan harus menjual bitcoin.

Saya berusaha menjelaskan dengan cara yang paling sederhana, jika anda merasa kebingungan, harap berhenti dan membaca ulang petunjuk yang saya berikan.

Mengenal Penyebab Pergerakan Harga Bitcoin

Tidak ada satu orang pun yang mengetahui secara pasti apakah harga bitcoin akan naik atau turun, pada prinsipnya harga bitcoin bergerak berdasarkan tinggi-rendahnya permintaan di pasar.

Dalam arti lain jika pembeli lebih banyak dibandingkan penjual maka harga akan bergerak naik, sebaliknya jika penjual yang lebih banyak maka harga akan bergerak turun.

Lalu bagaimana caranya kita bisa menentukan kapan harus membeli dan menjual?

Untuk menentukan waktu yang tepat dalam membeli dan menjual bitcoin kita menggunakan indikator, indikator adalah alat untuk menganalisis kira-kira ke mana harga bitcoin akan bergerak, apakah naik atau turun.

Cara kerja indikator sangat sederhana, yaitu indikator mengumpulkan data-data yang ada dan memberikan kita petunjuk bagaimana kondisi pasar saat ini. Misalnya pasar sedang jenuh beli, Pasar sedang jenuh jual dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu mengetahui bagaimana cara indikator itu bekerja, yang perlu Anda pahami hanyalah bagaimana cara membacanya. Sama seperti ponsel yang kita gunakan sekarang, kita tidak perlu tahu bagaimana ponsel itu bekerja, kita hanya perlu belajar cara menggunakannya.

Dalam perdagangan bitcoin ada satu indikator yang paling efisien. Indikator tersebut dinamakan Alligator. Ya! Persis seperti nama buaya Amerika.

Peraturan untuk menggunakan indikator

Saat menggunakan indikator, Anda harus menerapkan grafik lilin dengan time frame 1 jam. Semuanya sudah saya jelaskan dengan gambar dibawah ini.

  1. Klik ikon grafik
  2. Non-aktifkan skala otomatis
  3. Pilih 1H (artinya waktu grafik adalah 1 jam)
  4. Pilih grafik lilin

Simak cara menggunakan indikator Alligator tersebut

Untuk memasang indikator alligator, perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah diatas akan muncul pengaturan indikator. Biarkan default, Anda hanya perlu mengubah warna garis rahang menjadi merah seperti gambar dibawah ini.

Setelah indikator Alligator terpasang, selanjutnya adalah cara menggunakannya.

Perhatikan ada 3 garis dalam indikator Alligator, Anda cukup memperhatikan Garis Merah saja, kedua garis lainnya bisa Anda abaikan.

Kapan waktu membeli?

Jika posisi garis merah berada dibawah kedua garis lainnya maka ini adalah sinyal untuk membuka posisi beli. Situasi ini menunjukkan tren harga bitcoin sedang naik.

Kapan waktu menjual?

Jika garis merah berada di Atas kedua garis lainnya, maka ini adalah sinyal untuk membuka posisi JUAL. Situasi ini menunjukkan tren harga bitcoin sedang menurun.

Kapan menutup posisi beli

Anda wajib menutup posisi beli ketika garis merah memotong grafik lilin. Sebagai contoh lihat gambar diatas.

Kapan tidak membuka posisi

Jika garis merah sedang berada di grafik lilin maka ini menunjukkan sinyal datar, juga disebut dengan sideways artinya belum ada tren yang ter-konfirmasi. Jika demikian maka sebaiknya jangan membuka posisi apapun. Tunggu sampai tren positif.

Penutup

Dengan panduan di atas, Anda sudah mengetahui kapan saat nya membeli dan menjual bitcoin menggunakan indikator Alligator, sehingga Anda tidak perlu lagi menebak-nebak apakah harga bitcoin akan naik atau turun.

Anda perlu berlatih dalam menerapkan indikator Alligator diatas. Yang penting anda perhatikan bahwa indikator efektif jika anda menggunakannya dengan disiplin.

Pada tulisan selanjutnya saya akan jelaskan strategi manajemen risiko dalam berdagang bitcoin.

Back to top button