Apa itu Bitcoin

Bitcoin adalah aset digital yang di hasilkan melalui pemecahan algoritma kode komputer dan di catatkan ke dalam blockchain.

Sedangkan blockhain itu sendiri adalah teknologi pencatatan secara permanen (tidak bisa dihapus). Artinya bitcoin sendiri adalah mutlak dan jumlahnya sudah di tentukan dari awal sesuai dengan kode yang dicatatkan.

Biasanya Bitcoin disimbolkan dengan BTC atau XBT tergantung exchange tempat penukarannya.

Bagaimana Bitcoin dihasilkan?

Bitcoin di hasilkan oleh penambang menggunakan komputer. Proses ini disebut mining, sedangkan penambang disebut miner.

Jadi para penambang ini menggunakan komputer dengan menjalankan software untuk menyelesaikan algoritma matematika rumit. Setiap algoritma yang berhasil diselesaikan maka penambang diberikan reward berupa bitcoin.

Jika pada tahun 2009 anda menggunakan laptop atau komputer pribadi anda untuk menambang bitcoin maka anda akan menghasilkan 200 bitcoin perhari.

Tetapi hasil seperti itu tidak mungkin lagi dengan kondisi sekarang ini, karena jumlah penambang sudah meningkat pesat dengan perkembangan teknologi terbaru.

Kalau Anda menambang bitcoin dengan komputer pribadi saat ini akan butuh waktu 5 tahun untuk menghasilkan 1 bitcoin, dan itupun komputer harus hidup nonstop selama 5 tahun, jika demikian biaya listrik anda akan jauh lebih mahal dibandingkan hasil yang Anda dapat.

Selain itu bitcoin juga didapatkan oleh penambang dalam proses memverifikasi dan mencatat transaksi ke blockchain. Jadi setiap kali orang mengirim bitcoin ke orang lain, maka miner tersebut yang akan memverifikasi dan mencatatkannya ke dalam blockchain. Miner mendapatkan reward dari fee/biaya pengiriman. Tentu saja semua ini dilakukan secara otomatis oleh komputer.

Jadi jika anda ingin memiliki dan berinvestasi pada mata uang bitcoin solusinya adalah membeli bitcoin langsung dari bursa, bukan menambang.

Apakah Bitcoin Memiliki Nilai atau Harga dan Siapa Yang Menentukan?

Bitcoin memiliki nilai karena orang-orang sepakat demikian, jadi secara hukum ekonomi, tidak ada orang yang mengendalikan harga bitcoin, bitcoin dihargai demikian murni karena penjual dan pembeli sama-sama sepakat bahwa dengan harga tersebut bisa diterima.

Hukum permintaan dan penawaran akan berlaku dalam pergerakan harga bitcoin, semakin banyak orang-orang yang ingin memiliki bitcoin maka semakin tinggi permintaannya yang akan mengakibatkan semakin tinggi harga bitcoin. Sedangkan untuk jumlah maksimal bitcoin yang akan beredar hanyalah 21.000.000 Bitcoin.

Jadi secara umum harga bitcoin akan semakin mahal karena jumlahnya tidak akan bertambah alias tetap.

Apakah Ada Perusahaan atau Kelompok Tertentu Yang Mengendalikan dan Menjalankan Bitcoin?

Bitcoin tercipta dari kode yang dicatatkan dan dijalankan pada komputer, dan kode tersebut di catat dari kontribusi banyak orang, orang-orang yang berkontribusi terhadap kode bitcoin disebut dengan developer. Kode bitcoin bersifat open source, artinya siapa saja bisa berkontribusi termasuk Saya dan Anda. Jadi tidak ada kelompok atau perusahaan tertentu yang mengendalikan bitcoin.

Sedangkan yang menjalankan jaringan Bitcoin adalah miner seperti dijelaskan sebelumnya, siapapun juga bisa menjadi miner selama mereka memiliki komputer dan jaringan internet.

Apakah Bitcoin Bisa di Tutup Oleh Pemerintah atau Kelompok Tertentu?

Bitcoin tidak bisa ditutup oleh siapa pun karena jaringan Bitcoin dikendalikan oleh pengguna, jadi tidak ada satu pihak-pun yang bisa menutup jaringan Bitcoin.

Jika ingin menutup Bitcoin maka satu-satunya cara adalah menutup jaringan Internet dimana hal itu tidaklah mungkin.

Apakah Akun Bitcoin Saya Bisa Di Tutup Atau Di Curi Orang Lain Seperti Hacker?

Dompet Bitcoin yang aman adalah dompet yang tidak ter-koneksi dengan database developer, ciri-cirinya adalah tidak perlu mendaftar seperti memasukkan email dan nomor ponsel, dompet seperti ini disebut dengan OnChain Wallet. Jika anda menggunakan OnChain wallet maka tidak ada satu pihakpun yang bisa menutup akun Bitcoin Anda, tetapi jika anda menggunakan dompet bitcoin yang disediakan oleh exchange seperti Coinbase, Indodax, Binance dan lainnya maka tentu mereka bisa menutup akun anda kapanpun mereka mau.

Bagaimana dengan keamanan Akun Saya?

Secara umum, dalam 10 tahun terakhir, jaringan Bitcoin terbukti aman dan tidak pernah di bobol oleh siapapun. Tetapi masalah yang sering terjadi adalah para pengguna yang tidak bisa mengamankan gadget mereka. Jika seseorang memiliki akses ke ponsel anda maka kemungkinan besar dia memiliki akses ke bitcoin Anda, jadi disini yang di bobol adalah ponsel anda bukan bitcoinnya.

Rata-rata orang yang kehilangan bitcoinnya itu bermula dari email yang dicuri atau ponsel yang di hack orang lain.

Apakah Bitcoin Layak Dijadikan Investasi?

Bitcoin Adalah Aset Digital dimana anda tidak memiliki bukti fisik, tidak seperti Uang, Emas, Tanah dan Lainnya, Berbeda juga dengan saham atau surat berharga karena bitcoin itu tidak di jalankan oleh siapapun.

Tetapi bitcoin sudah menunjukkan performa yang luar biasa dan bertahan selama lebih dari 10 tahun, itu artinya bitcoin layak untuk di jadikan investasi. Yang paling penting Anda perlu mengatur pembagian investasi Anda, jadi jangan menempatkan semua uang Anda pada aset digital seperti bitcoin.

Pada panduan selanjutnya dijelaskan bagaimana cara membeli bitcoin pertama Anda

» Silahkan klik disini untuk panduan cara membeli bitcoin pertama Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close