Panduan Ethereum

Cara Menggunakan Maker Dao Untuk Membuat DAI

Pada panduan ini saya jelaskan cara menggunakan Maker DAO dan membuat DAI

Siapa saja bisa membuat DAI, tidak perlu pendaftaran, tidak perlu KYC dan tidak ada batasan apapun. Berbeda dengan koin stabil seperti USDC dan USDT yang hanya bisa dikeluarkan oleh perusahaan pembuatnya. DAI sendiri dibuat oleh orang-orang dengan cara menjaminkan koin mereka pada platform Maker DAO

Anda bisa membaca disini Apa itu DAI dan Maker DAO serta Cara kerjanya.

Pada panduan ini saya membuat bagaimana cara menggunakan Maker DAO untuk mengeluarkan DAI

Syarat Membuat DAI:

Untuk bisa membuat DAI, anda harus sudah memiliki koin yang diterima oleh platform Maker DAO untuk menjadi jaminan atau disebut dengan kolateral. Koin yang bisa digunakan saat ini adalah ETH

Jika Anda sudah memiliki koin untuk kolateral, silahkan melanjutkan cara membuat DAI dibawah ini.

Langkah 1 – Menyiapkan Dompet Anda

Silahkan gunakan wallet yang mendukung Ethereum Daaps. Beberapa wallet yang saya sarankan adalah metamask, trust wallet dan coinbase wallet.

Anda bebas menggunakan wallet manapun. Jika Anda belum pernah menggunakan Daaps Wallet, maka silahkan mencoba coinbase wallet pada tautan ini.

Catatan: Aplikasi Wallet berbeda dengan aplikasi Coinbase. Aplikasi wallet memiliki nama Wallet bukan coinbase. Hanya saja di Google Play namanya Coinbase Wallet. Setelah di install namanya wallet saja.

Langkah 2 – Mengakses Platform Maker DAO

Anda bisa mengakses Maker DAO langsung dari situs web mereka, atau langsung menggunakan wallet yang Anda gunakan. Alamat Maker DAI adalah https://cdp.makerdao.com/

Pada panduan ini saya menggunakan Coinbase Wallet.

Pilih CDP Portal
Pilih CDP Portal

Seperti Anda lihat pada gambar diatas. Buka aplikasi Wallet Coinbase.

  1. Pilih tanda “square” untuk menampilkan Dapps.
  2. Dari Daaps yang tersedia, pilih “CDP portal”
  3. Pilih “Connect”

 

Langkah 3 – Open CDP

Membuat DAI di Maker DAO disebut juga dengan Open CDP.

Masukkan jaminan atau kolateral
Masukkan jaminan atau kolateral

Perhatikan gambar diatas, saya sudah beri nomor untuk setiap bagian. Dibawah ini penjelasannya.

  1. Masukkan jumlah koin yang ingin anda gunakan sebagai jaminan. Semakin besar jaminan yang anda masukkan, semakin banyak dai yang bisa anda keluarkan
  2. Masukkan jumlah DAI yang ingin Anda buat. Perlu diingat bahwa jumlah DAI ini maksimal 75% dari nilai koin yang anda jaminkan. Jadi jika nilai koin jaminan anda $1000 maka jumlah dai yang bisa anda buat maksimal $750
  3. Pada kolom nomor tiga diatas, Anda bisa melihat statistik dari CDP anda. seperti harga likuidasi, harga ETH/USD saat ini dan stability fee dan sebagainya. (Saya akan menjelaskan tentang ini dibagian bawah tulisan)
  4. Pilih “Continue” untuk membuka CDP

Langkah 4 – Konfirmasi Transaksi

Konfirmasi transaksi
Konfirmasi transaksi

Silahkan memilih “Create CDP” lalu mengkonfirmasi melalui wallet Anda.

Setelah langkah diatas, maka di wallet anda akan dibuat koin DAI. Koin tersebut akan otomatis tampil di halaman awal wallet anda dan bisa dicek di etherscan.

Penjelasan Tentang Istilah Di Maker DAO

Liquidation Price – Ini adalah harga dimana jaminan anda dijual paksa oleh Maker DAO. Dengan kata lain jika anda menggunakan koin ethereum sebagai jaminan, nanti saat harga ethereum turun dibawah Liquidation price, maka koin jaminan anda akan dijual paksa, lalu secara otomatis hasil penjualan tersebut digunakan untuk membayar DAI yang anda pinjam ditambah fee penalti 13%, lalu jika anda sisanya, maka akan dikembalikan ke Anda.

Anda bisa menambahkan jumlah jaminan kapanpun, jika menambah jaminan maka otomatis liquidation price menurun. Sebaliknya jika anda menarik sebagian koin jaminan Anda, maka harga liquidation akan meningkat.

Liquidation Pinalty – Ini adalah biaya penjualan paksa. Jadi jika pada contoh diatas nilai koin anda turun dan dijual paksa, maka dikenakan fee 13%.

Stability Fee – ini adalah biaya yang wajib kita bayar. Biaya yang tampil disetahun-kan. Jadi jika disitu tampil 9.5% maka kita dikenakan bunga 9.5% setahun atas pinjaman yang kita miliki.

Biaya stability fee dihitung dari jumlah utang DAI yang kita miliki di maker DAI. Mirip seperti bunga saat meminjam uang dari bank atau koperasi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close
Back to top button