Panduan Exchange

Cara Menggunakan Exchange Kraken

Kraken adalah salah satu exchange cryptocureency tertua di dunia. Didirikan di eropa dan sekarang menjadi salah satu exchange terbesar yang menerima deposit dan penarikan menggunakan bank transfer.

Cara Menggunakan Exchange Kraken

1. Mendaftar di Kraken

Silahkan www.kraken.com untuk mendaftar dan isi informasi diri anda dengan benar.

2. Memverifikasi akun Kraken

Verifikasi sangat diperlukan supaya Anda tidak terkendala dengan batas deposit dan penarikan, selain itu dengan verifikasi maka akan membuka opsi untuk deposit menggunakan bank transfer.

Klik untuk memperbesar

Apa yang perlu anda siapkan:

  1. KTP ataupun Paspor
  2. Rekening Koran (3 Bulan Terakhir) jika tidak ada maka bisa statement kartu kredit dan sejenisnya.

Silahkan masuk ke https://www.kraken.com/u/verify dan mengupload dokumen anda disana.

4. Mempelajari Platform Trading Kraken

Kraken memiliki 2 platform yaitu kraken klasik dan krakren pro. Saya sarankan langsung menggunakan kraken pro karena fitur paling lengkap.

Pada dasarnya fungsinya sama dengan exchange yang lain, hanya tampilan saja yang berbeda.

klik untuk memperbesar

 

Yang perlu Anda pelajari dijelaskan dibawah ini dengan nomor pada gambar diatas

1. Pilih Jenis Aset

Pilih aset apa yang ingin anda transaksikan. Setiap aset di tampilkan berpasangan. Sebagai contoh ditampilkan BTCUSD, artinya anda membeli BTC menggunakan USD, jika yang di tampilkan ETHBTC maka artinya anda membeli BTC menggunakan ETH.

Selalu perhatikan bahwa anda membeli nama pertama menggunakan nama kedua. ETHUSD, artinya anda membeli ETH menggunakan USD, kalau anda membuka posisi beli, maka anda menjual ETH dan mendapatkan USD.

2. Memunculkan Kolom Trading

Tekan trading seperti gambar nomor 2 diatas untuk memunculkan bilah trading.

3. Buy dan Sell

Jika anda ingin membeli Crypto maka pilih buy, sebaliknya kalau ingin menjual maka pilih Sell

4. Order Book

Kolom order pembelian menampilkan berapa banyak dan pada harga berapa pembelian di pasang oleh para pengguna di kraken.

5. Jenis order

Market artinya kita membeli pada harga terbaik saat ini. Jadi pembelian kita akan di proses pada harga yang tampil di order book.

Limit artinya anda memasang order pembelian pada harga berapa anda ingin membeli crypto. Nanti ketika harga aset sesuai dengan harga yang anda masukkan maka pembelian anda akan otomatis di eksekusi.

Jenis order lainnya seperti Settle Position, Stop loss dan Take Profit anda hiraukan saja karena itu digunakan untuk margin trading.

6. Leverage

Disini pilih none, karena ini adalah fitur untuk menggunakan margin trading. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan baca panduan margin trading ini.

7. Funds

Disini masukkan jumlah dana yang akan anda gunakan untuk membeli aset tersebut. Anda bebas masukkan berapapun. Sebagai contoh jika anda ingin membeli Bitcoin $1000 maka di kolom ini masukkan $1000

8. Amount

Jumlah BTC atau Crypto yang akan anda dapat tergantung besar dana yang ada gunakan untuk membeli

9. Price

Kolom inti tidak diisi kecuali pada bagian Jenis Order (nomor 2 diatas) Anda memilih Limit. Maka disini anda masukkan pada harga berapa anda ingin membeli Coin tersebut.

 

5. Deposit dan Penarikan

Deposit FIAT ke Kraken bisa dilakukan menggunakan transfer kawat atau wire transfer. Deposit dari bank Indonesia biasanya dikenakan fee $35 tergantung kebijakan bank yang anda gunakan.

Selain itu anda juga bisa deposit menggunakan Cryptocurrency yang tersedia di kraken.

Kesimpulan

Kraken adalah exchange yang cocok untuk anda yang mau transaksi cryptocurrency dengan jumlah besar seperti $20.000 ke atas. Exchange ini menawarkan fitur trading bagi pemula, profesional bahkan institusi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button