Panduan Ethereum

Cara Menggunakan Daaps Ethereum

Ethereum bukanlah hanya sebatas koin ETH saja. fitur utama Ethereum adalah Daaps, tetapi 80% pemilik ethereum tidak pernah menggunakan Daaps karena minimnya tutorial yang tersedia. Pada tulisan ini saya buat panduan lengkap cara menggunakan Daaps Ethereum.

Apa itu Daaps

Daaps adalah aplikasi yang dibangun diatas protokol blockchain. Aplikasi ini biasanya bersifat desentralisasi artinya ketika menggunakan aplikasi tidak ada pihak yang bisa mengontrol data dan uang Anda.

Daaps hanya bisa di akses menggunakan browser khusus ataupun add-on yang di sediakan oleh pengembang.

Cara Menggunakan Daaps

1. Yang Harus Anda Siapkan

Ethereum Browser ataupun Add-on

Ada beberapa browser yang bisa anda gunakan.

  • Untuk pengguna mobile anda bisa menginstall Trust Wallet
  • Untuk pengguna PC anda bisa menginstall Metamask pada browser Anda.

Koin ETH

Jika anda menggunakan Daaps, anda memerlukan koin ETH di wallet Anda karena nantinya ETH akan digunakan untuk membayar gas dalam transaksi.

2. Menyiapkan Wallet

Setelah menginstall Trust Wallet, selanjutnya buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar ponsel Anda.

Anda akan diminta menyiapkan wallet menyimpan recovery phrase anda dengan aman. Sara sarankan anda tulis di kertas lalu simpan dengan baik, dengan begitu anda bisa menggunakannya lagi kapanpun anda mau.

Selanjutnya silahkan isi Ethereum ke Wallet anda, mulai mengisi kecil-kecil saja seperti 0.05 ETH. Jika anda tidak memiliti ETH, Anda bisa beli dari Exchange lokal seperti Luno.

3. Menjelajahi Daaps

Pada aplikasi Trust Wallet silahkan buka Daaps Store, disana ditampilkan berbagai jenis Daaps mulai dari game, exchange, media sosial dan sebagainya.

Jenis Daaps yang paling banyak digunakan adalah Decentralized Exchange, yaitu dapps yang berfungsi untuk menukar koin ETH dengan Token lain secara instan dan tanpa perantara. Seperti Kyber, Bancor, Airswap dan lainnya.

Tetapi dalam tutorial ini saya sarankan anda mencoba dengan Game, karena Daaps jenis game ini biasanya tanpa modal dan bisa dimainkan siapa saja.

Anda bisa menggunakan kolom pencarian seperti ditunjuk nomor 2 pada gambar diatas untuk menuju Daaps spesifik yang ingin Anda gunakan.

4. Mulai menggunakan Daaps

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih game mana yang akan dimainkan. Sebagian besar jenis game adalah mengoleksi sesuatu. Seperti mengoleksi kucing virtual, naga, robot, kartu dan lainnya. Jadi kita membesarkan item-item virtual ini menggunakan Ether yang nantinya bisa dijual untuk mendapatkan lebih banyak ETH.

  1. Pilih Get your very own Cryptokitty
  2. Isikan email dan nama inisial anda, lalu konfirmasi di trust wallet.
  3. Ikuti tutorial yang di tampilkan di layar.

Contoh game yang mudah dipelajari adalah Cryptokitties. Pada game ini kita ditugaskan membesarkan kucing virtual dan membuatnya melahirkan kucing baru. Untuk mendapat kucing pertama kita wajib membeli dengan harga rata-rata Rp7000. Kucing ini yang akan kita besarkan kemudian dikawinkan dengan kucing lain untuk mendapatkan keturunan.

  1. Pilih Get your fist furry fried
  2. Pilih kucing yang ingin anda beli
  3. Lihat lebih mendetil kucing tersebut termasuk harga
  4. Tekan tombol beli kemudian konfirmasi dan cek di Trust wallet Anda

Sekarang anda sudah memiliki kucing virtual, selanjutnya adalah mengawinkannya dengan kucing lain.

Keturunan dari kucing tadi bisa kita jual dan mendapatkan ETH, atau bisa juga di kawinkan dengan kucing lain untuk mendapatkan keturunan lagi. Semua kucing yang kita miliki bisa di listing untuk dijual.

Kesimpulan

Daaps memiliki potensi besar untuk mengubah banyak industri khususnya game dan fintek. Ini karena di hilangkan-nya konsep middle man. Coba pikirkan berapa banyak uang yang di ambil developer game dari para pemain. Kita harus beli item ini dan item itu. Belum lagi middle man seperti Google Play yang ikut mengambil komisi 30% untuk setiap pembelian pemain.

Dengan adanya Daaps maka yang akan terjadi adalah player dengan player yang langsung tukar-menukar item.

Game-game yang akan datang akan semakin advance lagi dimana ada interaksi antar pemain seperti game ponsel modern saat ini. Hanya menunggu waktu saja para developer menyelesaikan proyek mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button