Panduan Pemula

Cara Investasi Bitcoin – Panduan Lengkap Untuk Pemula

Bagi Anda yang sudah siap menginvestasikan uang Anda ke bitcoin maka silahkan mengikuti tutorial lengkap dibawah ini.

Persiapan

Ponsel atau Laptop yang bersih dari virus dan Adware.

Anda harus men-scan ponsel ataupun laptop yang Anda gunakan untuk menghindari virus-virus yang mungkin berniat mencuri bitcoin Anda, ini adalah langkah awal yang penting tetapi kadang terlewatkan oleh banyak orang.

Gunakan Antivirus gratis seperti Antivirus Avast, Install aplikasi tersebut lalu scan perangkat Anda.

Langkah-langkah Memulai Investasi Bitcoin

1 Mendaftar Akun di Bursa Tempat Membeli Bitcoin

Bitcoin dijual oleh orang-orang di situs web yang disebut dengan exchange atau bursa. Anda harus membuka akun disana untuk bisa membeli bitcoin dengan harga yang transparan dan adil.

Bursa yang direkomendasikan adalah Indodax: www.indodax.com

Anda bisa membaca disini: Cara Menggunakan Bursa Indodax

Apakah ada cara lain membeli bitcoin tanpa melalui bursa?

Ada beberapa tempat dimana Anda bisa membeli bitcoin seperti Luno, Localbitcoin, atau bahkan situs web online seperti tokopedia. Tetapi cara tersebut tidak saya anjurkan karena Anda akan mendapatkan harga yang tidak wajar dan rawan tertipu.

2. Deposit Uang Rupiah ke Akun Bursa Anda

Setelah Anda mendaftar di bursa indodax seperti diatas, langkah selanjutnya adalah mendeposit uang rupiah anda ke akun bursa indodax tersebut.

Uang yang Anda depositkan akan digunakan untuk membeli bitcoin. Biasanya setiap bursa melayani deposit menggunakan transfer bank dan virtual account.

Ingat! uang yang sudah anda deposit bisa anda tarik kembali sewaktu-waktu.

3. Membeli Bitcoin

Setelah akun bursa Anda berisi saldo rupiah, selanjutnya adalah melakukan pembelian.

Perhatikan gambar diatas, pada kotak merak jika di zoom akan seperti gambar dibawah ini

Beli bitcoin

Pada gambar diatas, Anda tinggal memasukkan saja berapa jumlah rupiah yang Akan anda gunakan untuk membeli bitcoin, lalu tekan tombol “Beli Bitcoin“. Bitcoin yang anda beli akan otomatis masuk ke akun bursa Anda.

Pada menu “Wallet” anda bisa mengecek koin yang Anda miliki, selain itu anda bisa menjual koin tersebut kapanpun Anda mau. Tidak ada batasan memegang bitcoin, kapan saja bisa anda lepas.

4. Menarik Bitcoin ke Dompet Bitcoin Anda

Langkah ini bersifat opsional, jadi Anda bisa mengikutinya atau tidak. Intinya adalah bitcoin yang sudah anda beli bisa Anda tarik ke dompet pribadi.

Bila anda ragu, Anda bisa juga membiarkan bitcoin di akun bursa Indodax anda. Karena bursa Indodax juga sekaligus sebagai dompet online untuk bitcoin.

Kekurangan membiarkan bitcoin di bursa adalah Anda bisa kehilangan bitcoin anda jika bursa tersebut dibobol hacker. Jadi jika tujuan anda investasi bitcoin, maka sebaiknya anda menyiapkan dompet bitcoin di hp atau laptop anda dan selalu memindahkan kesana setiap kali Anda membeli bitcoin.

Anda bisa mengikuti panduan ini: Cara menyimpan bitcoin dengan Aman

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close
Back to top button