Panduan Sukses

Apa Itu Margin Trading dan Cara Menggunakannya

Bagi Trader yang memiliki modal terbatas, maka bisa menggunakan Margin Trading untuk mendapatkan keuntungan yang lebih cepat.

Apa itu Margin Trading

Margin trading adalah perdagangan menggunakan leverage, yaitu pinjaman yang diberikan oleh broker atau lender.

Margin trading memungkinkan trader membuka posisi menggunakan leverage. Contohnya – Saya membuka posisi beli Bitcoin dengan leverage 5X. Lalu harga bitcoin naik 10% sejak saya beli, maka saya mendapat keuntungan  50% karena menggunakan leverage 5X. Jika saya menggunakan perdagangan normal tanpa leverage maka keuntungan saya adalah 10% dari modal yang saya investasikan.

Dari contoh diatas, maka jika saya membeli bitcoin 1 juta rupiah dengan leverage 5X, dan kenaikan bitcoin 10% maka keuntungan saya adalah 500 ribu rupiah, sedangkan tanpa leverage keuntungan saya adalah 100 ribu rupiah.

Margin trading bisa terlaksana karena adanya pasar pinjaman dari Lender (lender adalah pemberi pinjaman). Jadi trader mendapat keuntungan bisa membuka posisi lebih besar dari modalnya sedangkan lender mendapatkan bunga dari dari pinjaman yang digunakan oleh trader.

Keuntungan Margin Trading

  • Kita bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat dan lebih besar
  • Pergerakan harga yang kecil bisa memberikan keuntungan besar. Ini sangat berguna saat harga sideways (bergerak rata)
  • Bisa membuka posisi sell saat trader beranggapan harga akan turun

Kerugian Margin Trading

  • Kita tidak bisa menarik atau mengirim crypto yang kita beli menggunakan margin
  • Adanya bunga yang dibebankan lender kepada kita (besaran bunga tergantung kebijakan exchange sesuai keseimbangan antara permintaan dan penawaran, biasanya 0.12% perhari di Bitmex). Bunga ini kita bayar selama posisi terbuka, sebaliknya jika kita membuka posisi menjual maka kita yang akan mendapatkan bunga.
  • Kerugian bisa terjadi dengan cepat, karena ketika harga aset turun misalnya 10% maka otomatis kita rugi sesuai dengan leverage yang kita gunakan.

Cara Trading Crypto Menggunakan Margin

Saat ini ada beberapa Exchange yang menyediakan akses ke margin trading. Saya tidak akan membahas semuanya jadi hanya 2 exchange saja yaitu  Bitmex dan IQ Option

Bitmex

Bitmex adalah exchange penyedia margin trading khusus crypto terbesar di dunia. Berdasarkan market cap, saat ini trading harian di bitmex mencapai 30 triliun rupiah per hari.

Di Bitmex anda bisa menggunakan Leverage mulai dari 2 sampai 100. dan mereka adalah broker yang menawarkan jumlah leverage terbanyak.

Untuk deposit hanya bisa menggunakan Bitcoin saja, jadi terlebih dahulu anda membeli bitcoin menggunakan dompet lokal seperti Hodly atau Luno lalu dikirim ke Bitmex.

Anda bisa membuka akun bitmex disini

Panduan cara menggunakan Bitmex klik disini

IQ Option

IQ Option juga menyediakan akses kepada trader untuk trading crypto menggunakan margin trading. IQ Option ini cocok untuk pemula karena metode deposit dan platform trading yang  sangat mudah digunakan.

Anda bisa deposit ke IQ Option langsung menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit, selain itu ada metode pembayaran lain yang disediakan seperti Skrill, Neteller, Bitcoin dan Webmoney.

Untuk Leverage yang tersedia adalah 3, 5, 10, dan jumlah crypto yang bisa di trading adalah 12  terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Sayang-nya IQ Option belum memiliki likuditas crypto yang besar sehingga spread jauh lebih tinggi dibandingkan Bitmex.

Anda bisa membuka akun IQ Option disini

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button